Diseminasi P4GN di SMP Negeri 18 Kendari
Diseminasi P4GN di SMP Negeri 18 Kendari

BNN Kota Kendari kembali melaksanakan Diseminasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Lingkungan Pendidikan SMPN 18 Kendari, yang berlangsung pada Senin (16/05) lalu.

 Kepala Sekolah SMPN 18 Kendari, Samir, S.Pd diawal kegiatan mengatakan sangat menyambut baik kegiatan penyuluhan tentang bahaya narkoba tersebut, karena dengan kegiatan seperti ini, siswa menjadi tahu dan paham tentang bahaya narkoba.

Penyuluh BNN Kota Kendari, Mustikawati, S.IP yang memaparkan materi tentang bahaya narkoba kepada para siswa dengan metode edutainment, mengemukakan  bahwa salah satu sifat jahat narkoba adalah dapat menyebabkan adiksi atau ketergantungan, sehingga diharapkan para siswa tidak pernah tergiur untuk mencoba-coba.

“Untuk narkoba jangan pernah coba-coba. Sekali terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba, sulit untuk bisa keluar,” jelas Mustikawati.

Mencegah jangan sampai terjerumus kedalam penyalahgunaan narkoba, seorang pelajar harus pandai dalam bergaul dan memilih teman. Pasalnya dari beberapa contoh kasus yang ada, biasanya anak-anak tergoda untuk mencoba narkoba  berawal dari penawaran teman sebaya.

Kepala BNN Kota Kendari, Dra. Hj. Murniaty M., MPH., Apt mengungkapkan, di usia pencarian jati diri seperti para pelajar ini, mereka sering salah dalam mengambil keputusan. Berawal dari coba-coba dan berbalut keingintahuan yang kuat, kadang remaja kurang sadar akan bahaya yang dihadapi.

Disamping itu, para siswa juga patut waspada dengan penyalahgunaan bahan adiktif seperti rokok, miras, dan ngelem. Karena semua itu merupakan pintu masuk penyalahgunaan narkotika.

“Meskipun tidak ada sanksi hukum terhadap penyalahgunaan bahan adiktif, namun perlu disadari bahwa dampak penyalahgunaannya juga selain dapat menyebabkan ketergantungan juga dapat merusak kesehatan, termasuk kerusakan otak secara permanen” tutur Murniaty.

 



Selayang Pandang

Dra. Hj. Murniaty M., MPH., Apt, 1. Memimpin BNN Kota Kendari dalam pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang BNN dalam wilayah Kota Kendari. 2. Mewakili Kepala BNN dengan instansi pemerintah terkait dan komponen masyarakat dalam wilayah Kota Kendari

Video

Pesan